Rabu, 09 Januari 2013

Hari ke-9: Puding Dari Roti Basi :D

Hari ini gue masih di kampung halaman gue di Bali. Seharian gue ga kemana-mana karena cuaca sangat tidak mendukung untuk keluar rumah; berangin dan hujan.
Selain karena tentu saja kaki gue masih butuh istirahat walaupun sudah ga butuh tongkat lagi *say goodbye sama tongkat.

Gue berencana untuk membuat Bread Pudding setelah makan siang.
Dari beberapa sumber yang gue baca, Bread Pudding ini sudah ada dari jaman dulu banget.
Tujuan utamanya adalah untuk tidak membuang roti yang telah basi. Roti basi tersebutlah yang menjadi bahan utama dari dessert ini heheheee....
Tapi karena gue dengan sengaja membuat bread pudding ini dan ga ada roti basi di rumah, so gue pakai roti yang fresh.

Bahan-bahan sudah lengkap dan here we go.....kita mulai saja membuatnya.
Sebenarnya ini menu yang sangat mudah karena bahannya hanya dicampur-campurkan saja.
So menurut gue resep ini cocok bagi para pemula ;)

Bahan:
1 bungkus roti gandum
100 gr gula pasir
1/2 gelas air
3 sdm mentega
500 ml susu cair tawar
3 butir telur
1/2 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt bubuk pala
1 sdt madu
Kismis secukupnya 
Cara membuat:
Tuang gula pasir dan air ke dalam panci. Masak hingga gula pasir larut.
Lalu tambahkan mentega. Setelah mentega leleh, masukkan susu cair.
Aduk-aduk hingga mendidih. Angkat dari kompor.
Masukkan telur ke dalam wadah, kocok lepas.
Lalu masukkan sebagian campuran susu yang telah diangkat dari kompor tadi.
Setelah tercampur, lalu tuangkan semuanya dan aduk hingga semua adonan tercampur.
Masukkan bubuk kayu manis, bubuk pala dan madu, aduk-aduk.
Oleskan roti dengan mentega, kemudian potong-potong dadu kecil.
Siapkan cup aluminium foil, tata potongan roti dan kismis hingga merata di dalam masing-masing cup.
Siramkan adonan cair tadi ke atas roti.
Kemudian oven kurang lebih selama 20 menit hingga roti berubah kecokelatan.
Wallaaa.....jadi deh bread puddingnya! Sajikan hangat-hangat. Rasanya crunchy di luar dan lembut di dalam. Hemmm wangi kayu manis tersebar seantero dapur guys.......


Selain roti gandum, sebenarnya lu bisa pake roti dengan model apa aja. Bisa pake french bread ataupun roti tawar biasa. Gue sih punya cita-cita nyobain dengan bahan croissant, dari tekstur dan rasanya sepertinya bakalan cocok. Let's explore!

Mentega juga bisa diganti dengan butter. Ditambah kacang almond sepertinya juga seru.
Selain dioven, ada juga bread pudding yang dimasak dengan cara dikukus. Nah!

Biasanya bread pudding disajikan dengan sauce, bisa caramel sauce atau bourbon sauce *wow!
Karena menurut gue dan seluruh anggota keluarga gue, bread pudding buatan gue sudah terasa manisnya. Gue hilangkan niat gue untuk membuat caramel sauce.
Jadi kalo kalian mau menyajikannya dengan sauce, lebih baik porsi gula dikurangin sehingga tidak terlalu mahteh atau eneg *apa ya bahasa indonesianya?

Variasi dari bread pudding ini banyak sekali temans, so ga dosa kali yeee kalo kita bereksperimen dengan bahan-bahan pelengkap yang kita sukai.
Intinya adalah roti, susu, telur, gula dan butter. Selain itu intinya adalah pengendalian diri, jangan sampai terlalu manis ya. Inget kesehatan :p
So tunggu apalagi, cari terus padu padan bahan-bahannya sampai temukan rasa yang pas buat kalian sendiri ;)
Happy cooking!!!

2 komentar:

  1. wah kamu dari Bali juga? Daerah mana?

    BalasHapus
  2. Rumahku deket sanur. Hey kamu tinggal di daerah mana?
    Salam kenal Zaturania ;)

    BalasHapus